RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                       : SMKN 1 Maju Mundur Maju
Mata pelajaran             : Bahasa Inggris
Topik                           : Congratulating other
Kelas/Semester            : X/1
Alokasi waktu             : 2 x 45 menit
Jumlah Pertemuan       : 1 x pertemuan

A.    Kompetensi Inti (KI)
KI Pengetahuan:       Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI Keterampilan:     Mengolah, menalar,  dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstra kterkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi dasar
KD pengetahuan: 3.2     Menganalisis fungsisosial, struktur teks, dan unsure kebahasaan pada teks lisan dan tulis tentang ungkapan memberikan dan menanggapi ucapan selamat sesuai dengan konteks penggunaannya.





KD keterampilan: 4.2 Mengkomunikasikan teks lisan dan tulis untuk memberikan dan  menanggapi ucapan selamat dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsure kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator  pengetahuan:
3.2.1        Siswa menemukan ekspresi yang digunakan pada teks ungkapan selamat.
3.2.2        Siswa menemukan frase yang menunjukkan cara menyampaikan ungkapan selamat.
3.2.3        Siswa mengelompokkan ungkapan selamat dan respon ungkapan selamat.

Indikator keterampilan:
4.2.1        Siswa mengucapkan dan merespon ucapan selamat dalam dialog sederhana
4.2.2        Siswa menulis ucapan selamat melalui sebuah kartu.

D.      Tujuan Pembelajaran
Di akhir pelajaran, siswa mampu:
1. Membuat sebuah dialog dengan menggunakan ungkapan ucapan selamat dan lakukan di   depan kelas dengan prononciation dan intonasi yang bagus.
2. Membuat kartu ucapan selamat sederhana dengan prestasi minimun 70% berdasarkan rubrik penilaian
3. Jawab pertanyaan yang diberikan di lembar kerja dengan benar.










E.  Materi Pelajaran
Definition       : Congratulations is an expression that we use to give the congratulation utterance when he or she be succeed in doing something.
Example of conversation
Situation: Daniel was get the first place for economic competition and Rahel got the third place for astronomy competition.
Rahel: Hey, Daniel! How was the economics competition? Did you and your team go home with the trophy?
Daniel: Thank God, we did. Fortunately we succeeded to get the first place.
Rahel: Wow that’s a good job, Dan. Congratulation on your team   success!
Daniel: Thank you very much for saying so, Racel. So, how about you and your team in astronomy competition?
Rahel: Unfortunately, I and my team didn’t get the first place. We got the third place but
I was really happy since we had won over many other teams and gone that far.
Daniel: That’s the spirit, Rahel! I am sure you and your friend did it very well. I congratulate you on your great success.
Rahel: Thank you very much, Daniel. We still have to learn more to be the first like your teams did.
Daniel: Cool! Lets fight for the next competition!




Expressions and responses of congratulating
Congratulating
Responding
I’d be the first to congralate you on...
It’s very good of you to say so
I’d like to congratulate you on...
How nice of you to say so
Please accept my warmest congratulations.
Thank you very much for saying so
May I congratulate you on....
I’m glad you think so
I must congratulate you.
Oh, it’s nothing special actually
It was great to hear about...
Oh, I have a lot to learn yet
Congratulation!
Oh, not really
Congratulations on...!
Oh, nothing to it, actually
Well done!/ Fantastic!
Oh, thank’s

Congratulating Card
Definition: Greeting card/Congratulation card is usually used to congratulate someone’s achievement. Example: When the person is wedding, birthday party, graduating, etc. 
*      A greeting card is an illustrated, folded card featuring an expression of friendship or other sentiment also to convey thanks or express other feeling.
*      The social function of greeting card is  to congratulate  or express other feeling to someone
*      There are many kinds of greeting card, they are birthday card, wedding card, new year card etc.


Text Box: Expressions that is used in greeting card 
   Congratulations on your newly born baby!
   Happy Birthday!
   Congratulation on your wedding!
   Happy New Year!
   Happy Christmas! 
   Happy Lebaran Day!
 
           
Generic Structure of Greeting Card
·         Congratulation expression
·         Quotes (what we saying or wish)
·         Picture
Example of Greeting Card
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiLOx_uAKev-rt9crtV416co-bd4v0Z_mpr31QUZ_wZll064SNRg3LVQfCzSwQ696Iojld4Z8ZVzdXHp21o91KosGv8N1H76AAjSlYWooc_27LG7R2FCu9mKDijg-ZjH2gTO00unejaSaw/s1600/contoh+greeting+card+happy+new+year.jpghttps://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjrgDWibQ0jNssKoYO-xwB07YfJ9HzKGcC7E3KISMAbQ4FeuxSQnjhTQqYTkwwvAKWMrUsQBRs8djrsxk3_eoKM3J6n-llvtPglkjsz6wKyoLVYJ0KXa_LO947yuH8Sy2-NENQtbFmhSi4/s1600/kartu+ucapan+selamat+dalam+bahasa+Inggris.jpg

F.             Model/MetodePembelajaran
Pendekatan     : scientific
Strategi            : observe, practice.
Model              : Role play
Metode            : Inquiry/Experiencial learning


G. SUMBER /MEDIA PEMBELAJARAN
Sumber:          
1.      http://www.belajaringgris.net/expression-of-congratulation-3153.html
             Media:
Buku Paket SMK Kelas X
Hak Cipta © 2014 pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Dilindungi Undang-Undang
1.       White board
2.      Naskah print out dialog tentang ucapan selamat.
3.      Gambar orang yang sedang memberi ucapan selamat.

  H. KEGIATAN PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
Waktu
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
1
Pembukaan
(15 Menit)
1-2 Menit








2-5 menit







5-7 Menit











7-10 Menit







10-15 Menit

Guru meminta siswa untuk merapikan kursi mereka dan menyuruh duduk dengan rapi.
§  “Please, tidy your chair and table up!”
§  “Now, sit down neatly
Salam
Guru memberi salam kepada siswa.
§  “Assalamualaikum Wr. Wb
§  Good morning?
§  How are you today!!!
Guru menyuruh siswa sebelum memulai belajar untuk berdo’a.
§  Sebelum memulai belajar Marilah kita berdo’a, mari berdoa menurut keyakinan masing-masing
§  berdo’a mulai.
Guru mengecek kehadiaran siswa.
§  Baiklah saya akan mengcek kehadiran kalian.
§  Ketika saya panggil namanya, angakat tanganya.
Memberitahukan tujuan pembelajaran kepada siswa.
Menjelaskan cakupan materi, kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan akhir yang ingin dicapai.




(Students tidy their chair and table up)
(Students respond the teacher said and sit down neatly).


“Waalaikumsalam Wr. Wb”
Good morning ma’am”
“I am fine thank you. And you




(Siswa memperhatikan yang di katakan guru).

(Siswa berdo’a)



(Siswa memperhatikan )

(Siswa mengakat tangan)

(Siswa memperhatikan )



No
Waktu
Kegiatan Inti
2
65 (Menit)
Mengamati
1.      Siswa memperhatikan beberapa pesan yang berisi ucapan selamat dari GAMBAR  dan naskah dialog.
2.      Siswa membacakan contoh-contoh teks pesan berisi ucapan selamat tersebut dengan ucapan, intonasi, tekanan kata, dengan benar dan lancar.
3.      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri pesan yang berisi ucapan selamat (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan)

Mempertanyakan
         1. Dengan  pengarahan  guru, peserta didik mempertanyakan tentang  fungsi sosial,    struktur teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan ucapan selamat;
        2.  Peserta didik memperoleh pengetahuan tambahan tentang  ungkapan  ucapan selamat, fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan. 
Mengeksplorasi
1.      Siswa secara mandiri dan dalam kelompok mencari ucapan selamat yang lain dari berbagai sumber.
2.      Siswa bergantian membacakan ucapan selamat dengan unsur kebahasaan yang tepat.
3.      Siswa mengucapkan dan merespon ucapan selamat yang disampaikan teman dan guru.
Mengasosiasi
1.      Siswa membandingkan berbagai ucapan selamat terkait dengan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan, dilihat dari segi ketepatan, efisiensi, efektivitasnya.
2.      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.
Mengkomunikasikan
1.      Siswa berkreasi membuat teks-teks ucapan selamat dan menyampaikannya di depan guru dan teman untuk mendapat feedback.
2.      Siswa membuat kartu ucapan selamat.
3.      Siswa memperoleh feedback.


3
(10 Menit)
Penutupan


-          Siswa dan guru menyimpulkan tentang materi pelajaran tentang mengucapkan selamat.
-          Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membuat sendiri teks dialog tentang mengucapkan selamat dengan memperhatikan struktur kebahasaan yang baik dan benar.
-          Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
-          Guru memberikan salam penutup dan harapan / motivasi kepada siswa.


I. PenilaianPembelajaran, Remedial dan Pengayaan
Speaking          :
Instrumen        : Practice a dialogue based on the situations
No
Aspek
Kriteria
Skor

1.
Pronunciation (Pelafalan)
Sangat jelas dan mendekati penutur asli
4



Sangat jelas walaupun dengan aksen bahasa ibu
3



Kurang jelas tapi tidak mempengaruhi arti
2



Tidak jelas dan mempengaruhi makna
1



Tidak jelas dan tidak dapat dimengerti maknanya
0

2.
Intonation (Intonasi)
Tekanan/irama semua kata benar
4



Tekanan/irama sebagian besar kata benar
3



Tekanan/irama lebih dari lima kata mengalami kesalahan
2



Tekanan/irama lebih dari lima kata benar
1



Tekanan/irama semua kata salah
0

3.
Performance (Penampilan)
Percaya diri dan tidak terbata-bata
4



Terlihat seperti menghafal tapi tidak terbata-bata
3



Sedikit terbata
2



Ragu-ragu dan sering terbata-bata sehingga mengulang-ulang kata yang sama
1



Bicara terputus-putus dan terhenti sehingga percakapan terhenti
0

4.
Content (Isi percakapan)
Menggunakan ungkapan selamat dengan baik dan sesuai konteks
4




Menggunakan ungkapan selamat walapun dengan sedikit kesalahan tapi masih dapat dipahami
3




menggunakan ungkapan selamat  dengan sedikit kesalahan tapi tidak merubah makna dan masih bisa dipahami
2




Ada kesalahan dalam penggunaan ungkapan selamat sehingga sulit dipahami
1




Tidak menggunakan ungkapan selamat
0










Writing           
Instrumen:  make a congratulation letter based on the pictures.
No.
Criteria to assess

Score
0
1
2
3
4
1.
Text organization
Wrong text organization
Doesn’t use the correct text organization
Doesn’t Use the correct text organization, but elaborate the idea
Use the correct text organization, but hasn’t elaborate the idea
Use the correct text organization and elaborate the idea
2.
Target Content
There are no generic structures
Write less than 1 part of generic structures.
Write less than 2part of generic structures.
Write more than 3partof generic structures.
Write more than 4partof generic structures.
3.
Grammar
Wrong grammar and not understandable
More than 5 grammar errors and not understandable
More than 5 grammar error, but still understandable
Less than 5 grammar error, but still understandable
No grammar error
4.
Vocabulary
Use wrong vocabulary and inappropriate.
Use basic vocabulary, but inappropriate.
Use basic vocabulary and appropriate.
Use developed vocabulary, but some of them are inappropriate.
Use developed vocabulary and appropriate.
5.
Mechanic
Errors in spelling and punctuation which detract from meaning.
Some errors in spelling and punctuation which detract from meaning.
More than 3 errors in spelling and punctuation which do not detract from meaning.
Mostly effective use of mechanics, errors do not detract from meaning.
Effective use of capitalization, punctuation, and spelling.




                                                                                    Banjarmasin, 01 Mei 2017
Mengetahui,                                                               
Kepala Sekolah                                                           Guru Mata Pelajaran



Kuzairi M. Pd                                                                  Fitriani
                                                                                      Npm 3061512086




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                       : SMKN 1 Maju Mundur Maju
Mata pelajaran             : Bahasa Inggris
Topik                           : Congratulating other
Kelas/Semester            : X/1
Alokasi waktu             : 2 x 45 menit
Jumlah Pertemuan       : 1 x pertemuan

A.    Kompetensi Inti (KI)
KI Pengetahuan:       Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI Keterampilan:     Mengolah, menalar,  dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstra kterkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi dasar
KD pengetahuan: 3.2     Menganalisis fungsisosial, struktur teks, dan unsure kebahasaan pada teks lisan dan tulis tentang ungkapan memberikan dan menanggapi ucapan selamat sesuai dengan konteks penggunaannya.





KD keterampilan: 4.2 Mengkomunikasikan teks lisan dan tulis untuk memberikan dan  menanggapi ucapan selamat dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsure kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator  pengetahuan:
3.2.1        Siswa menemukan ekspresi yang digunakan pada teks ungkapan selamat.
3.2.2        Siswa menemukan frase yang menunjukkan cara menyampaikan ungkapan selamat.
3.2.3        Siswa mengelompokkan ungkapan selamat dan respon ungkapan selamat.

Indikator keterampilan:
4.2.1        Siswa mengucapkan dan merespon ucapan selamat dalam dialog sederhana
4.2.2        Siswa menulis ucapan selamat melalui sebuah kartu.

D.      Tujuan Pembelajaran
Di akhir pelajaran, siswa mampu:
1. Membuat sebuah dialog dengan menggunakan ungkapan ucapan selamat dan lakukan di   depan kelas dengan prononciation dan intonasi yang bagus.
2. Membuat kartu ucapan selamat sederhana dengan prestasi minimun 70% berdasarkan rubrik penilaian
3. Jawab pertanyaan yang diberikan di lembar kerja dengan benar.










E.  Materi Pelajaran
Definition       : Congratulations is an expression that we use to give the congratulation utterance when he or she be succeed in doing something.
Example of conversation
Situation: Daniel was get the first place for economic competition and Rahel got the third place for astronomy competition.
Rahel: Hey, Daniel! How was the economics competition? Did you and your team go home with the trophy?
Daniel: Thank God, we did. Fortunately we succeeded to get the first place.
Rahel: Wow that’s a good job, Dan. Congratulation on your team   success!
Daniel: Thank you very much for saying so, Racel. So, how about you and your team in astronomy competition?
Rahel: Unfortunately, I and my team didn’t get the first place. We got the third place but
I was really happy since we had won over many other teams and gone that far.
Daniel: That’s the spirit, Rahel! I am sure you and your friend did it very well. I congratulate you on your great success.
Rahel: Thank you very much, Daniel. We still have to learn more to be the first like your teams did.
Daniel: Cool! Lets fight for the next competition!




Expressions and responses of congratulating
Congratulating
Responding
I’d be the first to congralate you on...
It’s very good of you to say so
I’d like to congratulate you on...
How nice of you to say so
Please accept my warmest congratulations.
Thank you very much for saying so
May I congratulate you on....
I’m glad you think so
I must congratulate you.
Oh, it’s nothing special actually
It was great to hear about...
Oh, I have a lot to learn yet
Congratulation!
Oh, not really
Congratulations on...!
Oh, nothing to it, actually
Well done!/ Fantastic!
Oh, thank’s

Congratulating Card
Definition: Greeting card/Congratulation card is usually used to congratulate someone’s achievement. Example: When the person is wedding, birthday party, graduating, etc. 
*      A greeting card is an illustrated, folded card featuring an expression of friendship or other sentiment also to convey thanks or express other feeling.
*      The social function of greeting card is  to congratulate  or express other feeling to someone
*      There are many kinds of greeting card, they are birthday card, wedding card, new year card etc.


Text Box: Expressions that is used in greeting card 
   Congratulations on your newly born baby!
   Happy Birthday!
   Congratulation on your wedding!
   Happy New Year!
   Happy Christmas! 
   Happy Lebaran Day!
 
           
Generic Structure of Greeting Card
·         Congratulation expression
·         Quotes (what we saying or wish)
·         Picture
Example of Greeting Card
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiLOx_uAKev-rt9crtV416co-bd4v0Z_mpr31QUZ_wZll064SNRg3LVQfCzSwQ696Iojld4Z8ZVzdXHp21o91KosGv8N1H76AAjSlYWooc_27LG7R2FCu9mKDijg-ZjH2gTO00unejaSaw/s1600/contoh+greeting+card+happy+new+year.jpghttps://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjrgDWibQ0jNssKoYO-xwB07YfJ9HzKGcC7E3KISMAbQ4FeuxSQnjhTQqYTkwwvAKWMrUsQBRs8djrsxk3_eoKM3J6n-llvtPglkjsz6wKyoLVYJ0KXa_LO947yuH8Sy2-NENQtbFmhSi4/s1600/kartu+ucapan+selamat+dalam+bahasa+Inggris.jpg

F.             Model/MetodePembelajaran
Pendekatan     : scientific
Strategi            : observe, practice.
Model              : Role play
Metode            : Inquiry/Experiencial learning


G. SUMBER /MEDIA PEMBELAJARAN
Sumber:          
1.      http://www.belajaringgris.net/expression-of-congratulation-3153.html
             Media:
Buku Paket SMK Kelas X
Hak Cipta © 2014 pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Dilindungi Undang-Undang
1.       White board
2.      Naskah print out dialog tentang ucapan selamat.
3.      Gambar orang yang sedang memberi ucapan selamat.

  H. KEGIATAN PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
Waktu
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
1
Pembukaan
(15 Menit)
1-2 Menit








2-5 menit







5-7 Menit











7-10 Menit







10-15 Menit

Guru meminta siswa untuk merapikan kursi mereka dan menyuruh duduk dengan rapi.
§  “Please, tidy your chair and table up!”
§  “Now, sit down neatly
Salam
Guru memberi salam kepada siswa.
§  “Assalamualaikum Wr. Wb
§  Good morning?
§  How are you today!!!
Guru menyuruh siswa sebelum memulai belajar untuk berdo’a.
§  Sebelum memulai belajar Marilah kita berdo’a, mari berdoa menurut keyakinan masing-masing
§  berdo’a mulai.
Guru mengecek kehadiaran siswa.
§  Baiklah saya akan mengcek kehadiran kalian.
§  Ketika saya panggil namanya, angakat tanganya.
Memberitahukan tujuan pembelajaran kepada siswa.
Menjelaskan cakupan materi, kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan akhir yang ingin dicapai.




(Students tidy their chair and table up)
(Students respond the teacher said and sit down neatly).


“Waalaikumsalam Wr. Wb”
Good morning ma’am”
“I am fine thank you. And you




(Siswa memperhatikan yang di katakan guru).

(Siswa berdo’a)



(Siswa memperhatikan )

(Siswa mengakat tangan)

(Siswa memperhatikan )



No
Waktu
Kegiatan Inti
2
65 (Menit)
Mengamati
1.      Siswa memperhatikan beberapa pesan yang berisi ucapan selamat dari GAMBAR  dan naskah dialog.
2.      Siswa membacakan contoh-contoh teks pesan berisi ucapan selamat tersebut dengan ucapan, intonasi, tekanan kata, dengan benar dan lancar.
3.      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri pesan yang berisi ucapan selamat (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan)

Mempertanyakan
         1. Dengan  pengarahan  guru, peserta didik mempertanyakan tentang  fungsi sosial,    struktur teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan ucapan selamat;
        2.  Peserta didik memperoleh pengetahuan tambahan tentang  ungkapan  ucapan selamat, fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan. 
Mengeksplorasi
1.      Siswa secara mandiri dan dalam kelompok mencari ucapan selamat yang lain dari berbagai sumber.
2.      Siswa bergantian membacakan ucapan selamat dengan unsur kebahasaan yang tepat.
3.      Siswa mengucapkan dan merespon ucapan selamat yang disampaikan teman dan guru.
Mengasosiasi
1.      Siswa membandingkan berbagai ucapan selamat terkait dengan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan, dilihat dari segi ketepatan, efisiensi, efektivitasnya.
2.      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.
Mengkomunikasikan
1.      Siswa berkreasi membuat teks-teks ucapan selamat dan menyampaikannya di depan guru dan teman untuk mendapat feedback.
2.      Siswa membuat kartu ucapan selamat.
3.      Siswa memperoleh feedback.


3
(10 Menit)
Penutupan


-          Siswa dan guru menyimpulkan tentang materi pelajaran tentang mengucapkan selamat.
-          Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membuat sendiri teks dialog tentang mengucapkan selamat dengan memperhatikan struktur kebahasaan yang baik dan benar.
-          Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
-          Guru memberikan salam penutup dan harapan / motivasi kepada siswa.


I. PenilaianPembelajaran, Remedial dan Pengayaan
Speaking          :
Instrumen        : Practice a dialogue based on the situations
No
Aspek
Kriteria
Skor

1.
Pronunciation (Pelafalan)
Sangat jelas dan mendekati penutur asli
4



Sangat jelas walaupun dengan aksen bahasa ibu
3



Kurang jelas tapi tidak mempengaruhi arti
2



Tidak jelas dan mempengaruhi makna
1



Tidak jelas dan tidak dapat dimengerti maknanya
0

2.
Intonation (Intonasi)
Tekanan/irama semua kata benar
4



Tekanan/irama sebagian besar kata benar
3



Tekanan/irama lebih dari lima kata mengalami kesalahan
2



Tekanan/irama lebih dari lima kata benar
1



Tekanan/irama semua kata salah
0

3.
Performance (Penampilan)
Percaya diri dan tidak terbata-bata
4



Terlihat seperti menghafal tapi tidak terbata-bata
3



Sedikit terbata
2



Ragu-ragu dan sering terbata-bata sehingga mengulang-ulang kata yang sama
1



Bicara terputus-putus dan terhenti sehingga percakapan terhenti
0

4.
Content (Isi percakapan)
Menggunakan ungkapan selamat dengan baik dan sesuai konteks
4




Menggunakan ungkapan selamat walapun dengan sedikit kesalahan tapi masih dapat dipahami
3




menggunakan ungkapan selamat  dengan sedikit kesalahan tapi tidak merubah makna dan masih bisa dipahami
2




Ada kesalahan dalam penggunaan ungkapan selamat sehingga sulit dipahami
1




Tidak menggunakan ungkapan selamat
0










Writing           
Instrumen:  make a congratulation letter based on the pictures.
No.
Criteria to assess

Score
0
1
2
3
4
1.
Text organization
Wrong text organization
Doesn’t use the correct text organization
Doesn’t Use the correct text organization, but elaborate the idea
Use the correct text organization, but hasn’t elaborate the idea
Use the correct text organization and elaborate the idea
2.
Target Content
There are no generic structures
Write less than 1 part of generic structures.
Write less than 2part of generic structures.
Write more than 3partof generic structures.
Write more than 4partof generic structures.
3.
Grammar
Wrong grammar and not understandable
More than 5 grammar errors and not understandable
More than 5 grammar error, but still understandable
Less than 5 grammar error, but still understandable
No grammar error
4.
Vocabulary
Use wrong vocabulary and inappropriate.
Use basic vocabulary, but inappropriate.
Use basic vocabulary and appropriate.
Use developed vocabulary, but some of them are inappropriate.
Use developed vocabulary and appropriate.
5.
Mechanic
Errors in spelling and punctuation which detract from meaning.
Some errors in spelling and punctuation which detract from meaning.
More than 3 errors in spelling and punctuation which do not detract from meaning.
Mostly effective use of mechanics, errors do not detract from meaning.
Effective use of capitalization, punctuation, and spelling.




                                                                                    Banjarmasin, 01 Mei 2017
Mengetahui,                                                               
Kepala Sekolah                                                           Guru Mata Pelajaran



Kuzairi M. Pd                                                                  Fitriani
                                                                                      Npm 3061512086


Komentar

  1. Casino of the Night - DrmCD
    Discover the most popular games, 군포 출장마사지 like blackjack, roulette, blackjack, and a wide variety 청주 출장샵 of 동두천 출장마사지 table games 안전 토토 사이트 at the Borgata Hotel 당진 출장마사지 Casino & Spa.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

teks mc seminar bahasa inggris

perkenalan fitriani