RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMKN 1 Maju Mundur Maju
Mata
pelajaran : Bahasa Inggris
Topik : Congratulating other
Kelas/Semester : X/1
Alokasi
waktu : 2 x 45 menit
Jumlah
Pertemuan : 1 x pertemuan
A.
Kompetensi
Inti (KI)
KI Pengetahuan: Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI
Keterampilan: Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstra kterkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
dasar
KD pengetahuan: 3.2 Menganalisis
fungsisosial, struktur teks, dan unsure kebahasaan pada teks lisan dan tulis
tentang ungkapan memberikan dan menanggapi ucapan selamat sesuai dengan konteks penggunaannya.
KD keterampilan: 4.2 Mengkomunikasikan
teks lisan dan tulis untuk memberikan dan menanggapi ucapan selamat dengan memperhatikan
fungsi social, struktur teks, dan unsure kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Indikator pengetahuan:
3.2.1
Siswa menemukan ekspresi yang digunakan
pada teks ungkapan selamat.
3.2.2
Siswa menemukan frase yang menunjukkan
cara menyampaikan ungkapan selamat.
3.2.3
Siswa mengelompokkan ungkapan selamat
dan respon ungkapan selamat.
Indikator keterampilan:
4.2.1
Siswa mengucapkan dan merespon ucapan
selamat dalam dialog sederhana
4.2.2
Siswa menulis ucapan selamat melalui
sebuah kartu.
D.
Tujuan
Pembelajaran
Di
akhir pelajaran, siswa mampu:
1. Membuat sebuah dialog dengan menggunakan ungkapan ucapan selamat dan lakukan di depan kelas dengan prononciation dan intonasi yang bagus.
2. Membuat kartu ucapan selamat sederhana dengan prestasi minimun 70% berdasarkan rubrik penilaian
3. Jawab pertanyaan yang diberikan di lembar kerja dengan benar.
1. Membuat sebuah dialog dengan menggunakan ungkapan ucapan selamat dan lakukan di depan kelas dengan prononciation dan intonasi yang bagus.
2. Membuat kartu ucapan selamat sederhana dengan prestasi minimun 70% berdasarkan rubrik penilaian
3. Jawab pertanyaan yang diberikan di lembar kerja dengan benar.
E. Materi Pelajaran
Definition :
Congratulations is an expression that we use to give the congratulation
utterance when he or she be succeed in doing something.
Example of
conversation
Situation: Daniel was get the first place for economic competition
and Rahel got the third place for astronomy competition.
Rahel: Hey, Daniel! How was
the economics competition? Did you and your team go home with the trophy?
Daniel: Thank God, we did. Fortunately we succeeded to get the
first place.
Rahel: Wow that’s a good job, Dan. Congratulation on your team success!
Daniel: Thank you very much
for saying so, Racel. So, how about you and your team in astronomy competition?
Rahel: Unfortunately, I and
my team didn’t get the first place. We got the third place but
I was really happy since we
had won over many other teams and gone that far.
Daniel: That’s the spirit,
Rahel! I am sure you and your friend did it very well. I congratulate you on
your great success.
Rahel: Thank you very much,
Daniel. We still have to learn more to be the first like your teams did.
Daniel: Cool! Lets fight for the next competition!
Expressions and responses
of congratulating
Congratulating
|
Responding
|
I’d
be the first to congralate you on...
|
It’s
very good of you to say so
|
I’d
like to congratulate you on...
|
How
nice of you to say so
|
Please
accept my warmest congratulations.
|
Thank
you very much for saying so
|
May
I congratulate you on....
|
I’m
glad you think so
|
I
must congratulate you.
|
Oh,
it’s nothing special actually
|
It
was great to hear about...
|
Oh,
I have a lot to learn yet
|
Congratulation!
|
Oh,
not really
|
Congratulations
on...!
|
Oh,
nothing to it, actually
|
Well
done!/ Fantastic!
|
Oh,
thank’s
|
Congratulating Card
Definition: Greeting
card/Congratulation card is usually used to congratulate someone’s achievement.
Example: When the person is wedding, birthday party, graduating,
etc.
*
A greeting
card is an illustrated, folded card featuring an expression of friendship
or other sentiment also to convey thanks or express other feeling.
*
The social
function of greeting card is to congratulate or
express other feeling to someone
*
There are
many kinds of greeting card, they are birthday card, wedding card, new year
card etc.
![]() |
Generic
Structure of Greeting Card
·
Congratulation
expression
·
Quotes (what
we saying or wish)
·
Picture
Example
of Greeting Card



F.
Model/MetodePembelajaran
Pendekatan : scientific
Strategi : observe, practice.
Model : Role play
Metode : Inquiry/Experiencial learning
G.
SUMBER /MEDIA
PEMBELAJARAN
Sumber:
1.
http://www.belajaringgris.net/expression-of-congratulation-3153.html
Media:
Buku
Paket SMK Kelas X
Hak Cipta © 2014 pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Dilindungi Undang-Undang
1.
White board
2.
Naskah
print out dialog tentang ucapan selamat.
3.
Gambar
orang yang sedang memberi
ucapan selamat.
H. KEGIATAN PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
1
|
Pembukaan
|
(15
Menit)
1-2
Menit
2-5 menit
5-7 Menit
7-10
Menit
10-15
Menit
|
Guru meminta siswa
untuk merapikan kursi mereka dan menyuruh duduk dengan rapi.
§ “Please, tidy your chair and
table up!”
§ “Now, sit down neatly”
Salam
Guru memberi salam
kepada siswa.
§ “Assalamualaikum
Wr. Wb
§
Good
morning?
§
How
are you today!!!
Guru menyuruh siswa
sebelum memulai belajar untuk berdo’a.
§ Sebelum memulai belajar Marilah
kita berdo’a, mari berdoa menurut keyakinan masing-masing
§ berdo’a mulai.
Guru mengecek
kehadiaran siswa.
§ Baiklah saya akan mengcek
kehadiran kalian.
§ Ketika saya panggil namanya,
angakat tanganya.
Memberitahukan
tujuan pembelajaran kepada siswa.
Menjelaskan cakupan
materi, kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan akhir yang ingin dicapai.
|
(Students tidy their chair and
table up)
(Students respond the
teacher said and sit down neatly).
“Waalaikumsalam
Wr. Wb”
“Good morning ma’am”
“I am fine thank you.
And you
(Siswa
memperhatikan yang di katakan guru).
(Siswa berdo’a)
(Siswa
memperhatikan )
(Siswa mengakat
tangan)
(Siswa
memperhatikan )
|
No
|
Waktu
|
Kegiatan Inti
|
2
|
65 (Menit)
|
Mengamati
1. Siswa memperhatikan beberapa
pesan yang berisi ucapan selamat dari GAMBAR
dan naskah dialog.
2. Siswa membacakan contoh-contoh
teks pesan berisi ucapan selamat tersebut dengan ucapan, intonasi, tekanan
kata, dengan benar dan lancar.
3. Dengan bimbingan dan arahan
guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri pesan yang berisi ucapan selamat
(fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan)
Mempertanyakan
1.
Dengan pengarahan guru, peserta didik mempertanyakan
tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari
ungkapan ucapan selamat;
2. Peserta
didik memperoleh pengetahuan tambahan tentang
ungkapan ucapan selamat, fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan.
Mengeksplorasi
1. Siswa secara mandiri dan dalam
kelompok mencari ucapan selamat yang lain dari berbagai sumber.
2. Siswa bergantian membacakan
ucapan selamat dengan unsur kebahasaan yang tepat.
3. Siswa mengucapkan dan merespon
ucapan selamat yang disampaikan teman dan guru.
Mengasosiasi
1. Siswa membandingkan berbagai
ucapan selamat terkait dengan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan,
dilihat dari segi ketepatan, efisiensi, efektivitasnya.
2. Siswa memperoleh balikan
(feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam
kerja kelompok.
Mengkomunikasikan
1. Siswa berkreasi membuat
teks-teks ucapan selamat dan menyampaikannya di depan guru dan teman untuk
mendapat feedback.
2. Siswa membuat kartu ucapan
selamat.
3. Siswa memperoleh feedback.
|
|
|
|
3
|
(10 Menit)
|
Penutupan
|
|
|
-
Siswa
dan guru menyimpulkan tentang materi pelajaran tentang mengucapkan selamat.
-
Guru
memberikan tugas kepada siswa untuk membuat sendiri teks dialog tentang
mengucapkan selamat dengan memperhatikan struktur kebahasaan yang baik dan
benar.
-
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
-
Guru
memberikan salam penutup dan harapan / motivasi kepada siswa.
|
I.
PenilaianPembelajaran, Remedial dan Pengayaan
Speaking :
Instrumen : Practice a dialogue based on the situations
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
|
1.
|
Pronunciation (Pelafalan)
|
Sangat jelas dan mendekati
penutur asli
|
4
|
|
|
|
Sangat jelas walaupun dengan
aksen bahasa ibu
|
3
|
|
|
|
Kurang jelas tapi tidak
mempengaruhi arti
|
2
|
|
|
|
Tidak jelas dan mempengaruhi
makna
|
1
|
|
|
|
Tidak jelas dan tidak dapat
dimengerti maknanya
|
0
|
|
2.
|
Intonation (Intonasi)
|
Tekanan/irama semua kata benar
|
4
|
|
|
|
Tekanan/irama sebagian besar
kata benar
|
3
|
|
|
|
Tekanan/irama lebih dari lima
kata mengalami kesalahan
|
2
|
|
|
|
Tekanan/irama lebih dari lima
kata benar
|
1
|
|
|
|
Tekanan/irama semua kata salah
|
0
|
|
3.
|
Performance (Penampilan)
|
Percaya diri dan tidak
terbata-bata
|
4
|
|
|
|
Terlihat seperti menghafal tapi
tidak terbata-bata
|
3
|
|
|
|
Sedikit terbata
|
2
|
|
|
|
Ragu-ragu dan sering
terbata-bata sehingga mengulang-ulang kata yang sama
|
1
|
|
|
|
Bicara terputus-putus dan
terhenti sehingga percakapan terhenti
|
0
|
|
4.
|
Content (Isi percakapan)
|
Menggunakan ungkapan selamat
dengan baik dan sesuai konteks
|
4
|
|
|
|
Menggunakan ungkapan selamat
walapun dengan sedikit kesalahan tapi masih dapat dipahami
|
3
|
|
|
|
menggunakan ungkapan
selamat dengan sedikit kesalahan tapi
tidak merubah makna dan masih bisa dipahami
|
2
|
|
|
|
Ada kesalahan dalam penggunaan
ungkapan selamat sehingga sulit dipahami
|
1
|
|
|
|
Tidak menggunakan ungkapan
selamat
|
0
|
Writing
Instrumen: make a congratulation
letter based on the pictures.
No.
|
Criteria
to assess
|
|
Score
|
|||
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Text
organization
|
Wrong text organization
|
Doesn’t use the correct text
organization
|
Doesn’t Use the correct text
organization, but elaborate the idea
|
Use the correct text
organization, but hasn’t elaborate the idea
|
Use the correct text
organization and elaborate the idea
|
2.
|
Target
Content
|
There are no generic
structures
|
Write less than 1 part of
generic structures.
|
Write less than 2part of
generic structures.
|
Write more than 3partof
generic structures.
|
Write more than 4partof
generic structures.
|
3.
|
Grammar
|
Wrong grammar and not
understandable
|
More than 5 grammar errors
and not understandable
|
More than 5 grammar error,
but still understandable
|
Less than 5 grammar error,
but still understandable
|
No grammar error
|
4.
|
Vocabulary
|
Use wrong vocabulary and
inappropriate.
|
Use basic vocabulary, but
inappropriate.
|
Use basic vocabulary and
appropriate.
|
Use developed vocabulary, but
some of them are inappropriate.
|
Use developed vocabulary and
appropriate.
|
5.
|
Mechanic
|
Errors in spelling and
punctuation which detract from meaning.
|
Some errors in spelling and
punctuation which detract from meaning.
|
More than 3 errors in
spelling and punctuation which do not detract from meaning.
|
Mostly effective use of
mechanics, errors do not detract from meaning.
|
Effective use of
capitalization, punctuation, and spelling.
|
Banjarmasin, 01 Mei 2017
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Npm
3061512086
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMKN 1 Maju Mundur Maju
Mata
pelajaran : Bahasa Inggris
Topik : Congratulating other
Kelas/Semester : X/1
Alokasi
waktu : 2 x 45 menit
Jumlah
Pertemuan : 1 x pertemuan
A.
Kompetensi
Inti (KI)
KI Pengetahuan: Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI
Keterampilan: Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstra kterkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
dasar
KD pengetahuan: 3.2 Menganalisis
fungsisosial, struktur teks, dan unsure kebahasaan pada teks lisan dan tulis
tentang ungkapan memberikan dan menanggapi ucapan selamat sesuai dengan konteks penggunaannya.
KD keterampilan: 4.2 Mengkomunikasikan
teks lisan dan tulis untuk memberikan dan menanggapi ucapan selamat dengan memperhatikan
fungsi social, struktur teks, dan unsure kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Indikator pengetahuan:
3.2.1
Siswa menemukan ekspresi yang digunakan
pada teks ungkapan selamat.
3.2.2
Siswa menemukan frase yang menunjukkan
cara menyampaikan ungkapan selamat.
3.2.3
Siswa mengelompokkan ungkapan selamat
dan respon ungkapan selamat.
Indikator keterampilan:
4.2.1
Siswa mengucapkan dan merespon ucapan
selamat dalam dialog sederhana
4.2.2
Siswa menulis ucapan selamat melalui
sebuah kartu.
D.
Tujuan
Pembelajaran
Di
akhir pelajaran, siswa mampu:
1. Membuat sebuah dialog dengan menggunakan ungkapan ucapan selamat dan lakukan di depan kelas dengan prononciation dan intonasi yang bagus.
2. Membuat kartu ucapan selamat sederhana dengan prestasi minimun 70% berdasarkan rubrik penilaian
3. Jawab pertanyaan yang diberikan di lembar kerja dengan benar.
1. Membuat sebuah dialog dengan menggunakan ungkapan ucapan selamat dan lakukan di depan kelas dengan prononciation dan intonasi yang bagus.
2. Membuat kartu ucapan selamat sederhana dengan prestasi minimun 70% berdasarkan rubrik penilaian
3. Jawab pertanyaan yang diberikan di lembar kerja dengan benar.
E. Materi Pelajaran
Definition :
Congratulations is an expression that we use to give the congratulation
utterance when he or she be succeed in doing something.
Example of
conversation
Situation: Daniel was get the first place for economic competition
and Rahel got the third place for astronomy competition.
Rahel: Hey, Daniel! How was
the economics competition? Did you and your team go home with the trophy?
Daniel: Thank God, we did. Fortunately we succeeded to get the
first place.
Rahel: Wow that’s a good job, Dan. Congratulation on your team success!
Daniel: Thank you very much
for saying so, Racel. So, how about you and your team in astronomy competition?
Rahel: Unfortunately, I and
my team didn’t get the first place. We got the third place but
I was really happy since we
had won over many other teams and gone that far.
Daniel: That’s the spirit,
Rahel! I am sure you and your friend did it very well. I congratulate you on
your great success.
Rahel: Thank you very much,
Daniel. We still have to learn more to be the first like your teams did.
Daniel: Cool! Lets fight for the next competition!
Expressions and responses
of congratulating
Congratulating
|
Responding
|
I’d
be the first to congralate you on...
|
It’s
very good of you to say so
|
I’d
like to congratulate you on...
|
How
nice of you to say so
|
Please
accept my warmest congratulations.
|
Thank
you very much for saying so
|
May
I congratulate you on....
|
I’m
glad you think so
|
I
must congratulate you.
|
Oh,
it’s nothing special actually
|
It
was great to hear about...
|
Oh,
I have a lot to learn yet
|
Congratulation!
|
Oh,
not really
|
Congratulations
on...!
|
Oh,
nothing to it, actually
|
Well
done!/ Fantastic!
|
Oh,
thank’s
|
Congratulating Card
Definition: Greeting
card/Congratulation card is usually used to congratulate someone’s achievement.
Example: When the person is wedding, birthday party, graduating,
etc.
*
A greeting
card is an illustrated, folded card featuring an expression of friendship
or other sentiment also to convey thanks or express other feeling.
*
The social
function of greeting card is to congratulate or
express other feeling to someone
*
There are
many kinds of greeting card, they are birthday card, wedding card, new year
card etc.
![]() |
Generic
Structure of Greeting Card
·
Congratulation
expression
·
Quotes (what
we saying or wish)
·
Picture
Example
of Greeting Card



F.
Model/MetodePembelajaran
Pendekatan : scientific
Strategi : observe, practice.
Model : Role play
Metode : Inquiry/Experiencial learning
G.
SUMBER /MEDIA
PEMBELAJARAN
Sumber:
1.
http://www.belajaringgris.net/expression-of-congratulation-3153.html
Media:
Buku
Paket SMK Kelas X
Hak Cipta © 2014 pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Dilindungi Undang-Undang
1.
White board
2.
Naskah
print out dialog tentang ucapan selamat.
3.
Gambar
orang yang sedang memberi
ucapan selamat.
H. KEGIATAN PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
1
|
Pembukaan
|
(15
Menit)
1-2
Menit
2-5 menit
5-7 Menit
7-10
Menit
10-15
Menit
|
Guru meminta siswa
untuk merapikan kursi mereka dan menyuruh duduk dengan rapi.
§ “Please, tidy your chair and
table up!”
§ “Now, sit down neatly”
Salam
Guru memberi salam
kepada siswa.
§ “Assalamualaikum
Wr. Wb
§
Good
morning?
§
How
are you today!!!
Guru menyuruh siswa
sebelum memulai belajar untuk berdo’a.
§ Sebelum memulai belajar Marilah
kita berdo’a, mari berdoa menurut keyakinan masing-masing
§ berdo’a mulai.
Guru mengecek
kehadiaran siswa.
§ Baiklah saya akan mengcek
kehadiran kalian.
§ Ketika saya panggil namanya,
angakat tanganya.
Memberitahukan
tujuan pembelajaran kepada siswa.
Menjelaskan cakupan
materi, kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan akhir yang ingin dicapai.
|
(Students tidy their chair and
table up)
(Students respond the
teacher said and sit down neatly).
“Waalaikumsalam
Wr. Wb”
“Good morning ma’am”
“I am fine thank you.
And you
(Siswa
memperhatikan yang di katakan guru).
(Siswa berdo’a)
(Siswa
memperhatikan )
(Siswa mengakat
tangan)
(Siswa
memperhatikan )
|
No
|
Waktu
|
Kegiatan Inti
|
2
|
65 (Menit)
|
Mengamati
1. Siswa memperhatikan beberapa
pesan yang berisi ucapan selamat dari GAMBAR
dan naskah dialog.
2. Siswa membacakan contoh-contoh
teks pesan berisi ucapan selamat tersebut dengan ucapan, intonasi, tekanan
kata, dengan benar dan lancar.
3. Dengan bimbingan dan arahan
guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri pesan yang berisi ucapan selamat
(fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan)
Mempertanyakan
1.
Dengan pengarahan guru, peserta didik mempertanyakan
tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari
ungkapan ucapan selamat;
2. Peserta
didik memperoleh pengetahuan tambahan tentang
ungkapan ucapan selamat, fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan.
Mengeksplorasi
1. Siswa secara mandiri dan dalam
kelompok mencari ucapan selamat yang lain dari berbagai sumber.
2. Siswa bergantian membacakan
ucapan selamat dengan unsur kebahasaan yang tepat.
3. Siswa mengucapkan dan merespon
ucapan selamat yang disampaikan teman dan guru.
Mengasosiasi
1. Siswa membandingkan berbagai
ucapan selamat terkait dengan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan,
dilihat dari segi ketepatan, efisiensi, efektivitasnya.
2. Siswa memperoleh balikan
(feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam
kerja kelompok.
Mengkomunikasikan
1. Siswa berkreasi membuat
teks-teks ucapan selamat dan menyampaikannya di depan guru dan teman untuk
mendapat feedback.
2. Siswa membuat kartu ucapan
selamat.
3. Siswa memperoleh feedback.
|
|
|
|
3
|
(10 Menit)
|
Penutupan
|
|
|
-
Siswa
dan guru menyimpulkan tentang materi pelajaran tentang mengucapkan selamat.
-
Guru
memberikan tugas kepada siswa untuk membuat sendiri teks dialog tentang
mengucapkan selamat dengan memperhatikan struktur kebahasaan yang baik dan
benar.
-
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
-
Guru
memberikan salam penutup dan harapan / motivasi kepada siswa.
|
I.
PenilaianPembelajaran, Remedial dan Pengayaan
Speaking :
Instrumen : Practice a dialogue based on the situations
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
|
1.
|
Pronunciation (Pelafalan)
|
Sangat jelas dan mendekati
penutur asli
|
4
|
|
|
|
Sangat jelas walaupun dengan
aksen bahasa ibu
|
3
|
|
|
|
Kurang jelas tapi tidak
mempengaruhi arti
|
2
|
|
|
|
Tidak jelas dan mempengaruhi
makna
|
1
|
|
|
|
Tidak jelas dan tidak dapat
dimengerti maknanya
|
0
|
|
2.
|
Intonation (Intonasi)
|
Tekanan/irama semua kata benar
|
4
|
|
|
|
Tekanan/irama sebagian besar
kata benar
|
3
|
|
|
|
Tekanan/irama lebih dari lima
kata mengalami kesalahan
|
2
|
|
|
|
Tekanan/irama lebih dari lima
kata benar
|
1
|
|
|
|
Tekanan/irama semua kata salah
|
0
|
|
3.
|
Performance (Penampilan)
|
Percaya diri dan tidak
terbata-bata
|
4
|
|
|
|
Terlihat seperti menghafal tapi
tidak terbata-bata
|
3
|
|
|
|
Sedikit terbata
|
2
|
|
|
|
Ragu-ragu dan sering
terbata-bata sehingga mengulang-ulang kata yang sama
|
1
|
|
|
|
Bicara terputus-putus dan
terhenti sehingga percakapan terhenti
|
0
|
|
4.
|
Content (Isi percakapan)
|
Menggunakan ungkapan selamat
dengan baik dan sesuai konteks
|
4
|
|
|
|
Menggunakan ungkapan selamat
walapun dengan sedikit kesalahan tapi masih dapat dipahami
|
3
|
|
|
|
menggunakan ungkapan
selamat dengan sedikit kesalahan tapi
tidak merubah makna dan masih bisa dipahami
|
2
|
|
|
|
Ada kesalahan dalam penggunaan
ungkapan selamat sehingga sulit dipahami
|
1
|
|
|
|
Tidak menggunakan ungkapan
selamat
|
0
|
Writing
Instrumen: make a congratulation
letter based on the pictures.
No.
|
Criteria
to assess
|
|
Score
|
|||
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Text
organization
|
Wrong text organization
|
Doesn’t use the correct text
organization
|
Doesn’t Use the correct text
organization, but elaborate the idea
|
Use the correct text
organization, but hasn’t elaborate the idea
|
Use the correct text
organization and elaborate the idea
|
2.
|
Target
Content
|
There are no generic
structures
|
Write less than 1 part of
generic structures.
|
Write less than 2part of
generic structures.
|
Write more than 3partof
generic structures.
|
Write more than 4partof
generic structures.
|
3.
|
Grammar
|
Wrong grammar and not
understandable
|
More than 5 grammar errors
and not understandable
|
More than 5 grammar error,
but still understandable
|
Less than 5 grammar error,
but still understandable
|
No grammar error
|
4.
|
Vocabulary
|
Use wrong vocabulary and
inappropriate.
|
Use basic vocabulary, but
inappropriate.
|
Use basic vocabulary and
appropriate.
|
Use developed vocabulary, but
some of them are inappropriate.
|
Use developed vocabulary and
appropriate.
|
5.
|
Mechanic
|
Errors in spelling and
punctuation which detract from meaning.
|
Some errors in spelling and
punctuation which detract from meaning.
|
More than 3 errors in
spelling and punctuation which do not detract from meaning.
|
Mostly effective use of
mechanics, errors do not detract from meaning.
|
Effective use of
capitalization, punctuation, and spelling.
|
Banjarmasin, 01 Mei 2017
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Npm
3061512086
Casino of the Night - DrmCD
BalasHapusDiscover the most popular games, 군포 출장마사지 like blackjack, roulette, blackjack, and a wide variety 청주 출장샵 of 동두천 출장마사지 table games 안전 토토 사이트 at the Borgata Hotel 당진 출장마사지 Casino & Spa.